BAGIAN KESRA
SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUNINGAN

PROGRAM STRATEGIS BUPATI PERIODE TAHUN 2009 - 2013

PROGRAM STRATEGIS BUPATI PERIODE TAHUN 2009 - 2013


Program Strategis Misi 1

1. Peningkatan Mutu dan Pemerataan Pendidikan. Langkah ini sangat sangat strategis dan sangat menentukan dalam rnewujudkan rnasyarakar yang berderajat pendidikan tinggi dan cerdas. Upaya ini akan ditempuh dalam seluruh domain penyelenggaraan pendidikan. Orientasi pokok upaya ini. antara lain mernperluas akses masyarakar terhadap pendidikan. penuntasan pemberantasan buta aksara dan perceparan peningkatan rata-rata lama sekolah. Kegiatan yang perlu ditempuh antara lain peningkatan sarana prasarana pendidil.an, peningkatan mutu tenaga didik, dan peningkatan kecakapan hidup (life skills).

2. Perluasan Akses Kesehatan bagi Masyarakat. Jangkauan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar perlu ditingkatkan, terutama bagi masyarakat miskin. Melalui program ini diharapkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat semakin pesat terdorong. Kegiatan yang perlu diternpuh antara lain peningkatan mutu dan perluasan bantuan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin.

3. Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Masyarakat dan Aparatur Pemerintah Daerah. Kapasitas masyarakat yang tinggi merupakan kunci bagi terbangunnya produktivitas. Selain itu, kemampuan dan integritas aparatur pernerintahan merupakan penentu bagi terwujudnya kepemerintahan yang baik (good governance), serta pelayanan publik yang berkualitas dan bermanfaat. Keduanya rnerupakan penyokong penting bagi terwujudnya kesejahteraan rnasyarakat secara menyeluruh. Oleh karena itu hal rersebut akan terus didorong agar meemberikan kontribusi sebesar-besarnya dalam pembangunan. Kegiatan yang perlu diternpuh antara lain. peningkatan kapasitas dan kreatifitas rnasyarakat dalam berbagai kegiatan produktif, peningkatan mutu angkatan kerja melalui pendidikan dan latihan, peningkatan Sarana prasarana balai latihan kerja, peningkatan pcndidikan dan pclatihan aparatur. serta peningkatan penyertaan aparatur dalam pendidikan berbeasiswa.

Program Strategis Misi 2

1. Pengembangan Agribisnis Perdesaan berbasis Agroindustri dan surnberdaya lokal. Melalui program ini alir bisnis pertanian ditata dan diintegrasikan khususnya melalui penguatan industri pengolahan pertanian berbahan baku lokal, baik melalui penguatan modal maupun peningkatan keterampilan dan pemasaran. Hal ini akan meninzkatkan kesejahteraan petani dan rnasyarakat desa. Kegiatan yang perlu diternpuh antara lain penguatan modal kerja usaha pengolahan pertanian dan peningkatan kernitraan antara usaha mikro, kecil dan menengah di perdesaan.

2. Peningkatan lnfrastruktur Pertanian dan. Perdesaan. Program ini diarahkan untuk memantapkan ketersediaan sarana prasarana pertanian dan perdesaan untuk mendukung produktiitas pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat desa, Kegiatan yang perlu ditempuh antara lain perbaikan jalan usaha tani, jaringan perdesaan, dan jaringan irigasi tingkat usaha tani.

3. Pengembangan Pariwisata berbasis Jasa Lingkungan berbasis alam (envieronmental service) merupakan pembangunan Kuningan. Untuk itu akan didorong secara intensif khususnya melalui penataan sarana prasarana dan pariwisata, Kegiatan yang perlu diternpuh antara lain peningkatan sarana dan prasarana pariwisata dalam satu kawasan terpadu dan promosi pariwisata daerah.

Program Strategis Misi 3

1. Peningkatan kehidupan beragama yang rukun dan harmonis. Dalam keanekaragarnan keyakinan dan pemahaman keagamaan, kerukunan hidup beragama rnerupakan salah satu sendi dasar kesatuan dan masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, program ini perlu menjadi salah satu prioritas. .Kegiatan yang perlu diternpuh peningkatan sarana-prasarana dan mutu pendidikan agar pendidikan agama yang bermutu akan terbentuk masyarakat pemaharnan dan tindakan keberagaman yang mulia, teduh,jauh dari ekstrirnitas, dan menghonnati perbedaan.

Program Strategis Misi 4

1. Peningkatan Konservasi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup. Kuningan memiliki kawasan berfungsi lindung yang cukup luas. ini merupakan potensi besar untuk menghasilkan jasa lingkungan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu perlu didayagunakan melalui upaya pelestarian surnberdaya alam. Hal ini akan mengokohkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi. Kegiatan yang perlu diternpuh antara lain penuntasan rehabilitas lahan kritis, peningkaran konservasi daerah tangkapan air (catchment area), pembangunan hutan kota, dan peningkatan pembangunan sumber air (situ dan ernbung).

0 komentar:

Posting Komentar

Desain by : Beny Susanto, S.Sos (Bagian Kesra Setda)